Mencari

Google
WWW munandarbrebes.blogspot.com

Sunday, October 5, 2008

MINAT BISNIS BAWANG MERAH?

Bawang merah atau Brambang (Allium ascalonicum L.) adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.
Merupakan tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman ini mempunyai
akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangkan. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.
Bawang merah merupakan salah satu tanaman sayuran yang menjadi menu pokok hampir pada semua jenis masakan dengan fungsi sebagai penyedap masakan. Fungsi esensial pada bawang merah menunjukan jumlah penggunaan pada tiap masakan yang memerlukan penyedap sayuran ini, namun apabila mayoritas masyarakat di Bumi Pertiwi ini menggunakannya, maka dapat dipastikan bahwa secara keseluruhan jumlah penggunaan bawang merah sangatlah besar .
Pada kondisi seperti sekarang ini, Indonesia yang sedang dalam keadaan krisis ekonomi harus dapat mengoptimasikan penggunaan sumber daya alamnya sebagai salah satu jalan untuk dapat memulihkan kondisi perekonomian, salah satu upaya optimalisasi tersebut adalah membenahi berbagai sector yang dapat menunjang produksi bawang di dalam negeri. Beri kemudahan petani untuk mendapatkan sarana produksi. Kendalikan harga, dengan tidak mengimpor bawang dari luar negeri. Saya yakin paling tidak dua upaya ini dapat meringankan beban para petani bawang merah di dalam negeri, khususnya di Brebes yang merupakan sentra bawang merah di negeri kita. Do you agree? ...
Oya, minat bisnis Bawang Merah? Let's, joint me!

3 comments:

fiet rahman said...

Nggak minat....

Munandar said...

Belum tahu pasarnyakan?

gun9 said...

aku minat, tapi ntar ya kalo dah pulang. mudahan ada kesempatan.he..

WAKTU

EMAIL